Sebelumnya, pada September 2013 –di Frankfurt Auto Show - BMW
menggumumkan akan menggunakan teknologi laser sebagai lampu utama mobil
sport hibrida plug-in (HEV) yang akan diluncurkan di akhir
tahun ini, yaitu i8 (sebagai opsional). Setahun sebelumnya (2011), BMW
mengumumkan, telah berhasil mengembangkan lampu laser.
Laser kini sudah banyak digunakan pada aktivitas manusia sehari-hari. Salah satunya adalah pemakai komputer, yaitu tetikus atau mouse laser. Juga digunakan untuk peranti audio yang dilengkapi dengan konektor (input dan output) optik atau S/PDIF (Sony/Philips Digital Interface Format), lampu panggung dan disko.
Teknologi lampu LED masih relatif baru dan belum dipakai meluas, sekarang calon penggantinya yaitu lampu laser.
Saingan LED
Lampu laser diperkirakan akan menjadi saingan LED yang belum berkembang secara maksimal sampai saat ini karena masih terlalu mahal. Menurut para ahli Audi dan BMW, laser punya beberapa kelebihan dibandingkan LED. Salah satunya, ukuran elemen atau sel lebih kecil dibandingkan dengan LED.
Diameter elemen dioda laser sangat kecil. Sebagai pembanding - menurut ahli BMW - satu sel lampu LED luas permukaan satu militer persegi. Sedangkan lampu laser hanya beberapa mikron atau seperseratus dari sel lampu LED. Aspek tersebutlah yang menjadi daya tarik para ahli memanfaatkan laser sebagai perangan utama mobil. Dengan ukuran lebih kecil, para perancang bisa membuat wajah mobil makin aerodinamis.
Keuntungan lain, densitas cahaya yang dihasilkan lebih tinggi. Kalau LED menghasilkan cahaya 100 lumen untuk setiap watt, laser bisa mencapai 170 lumen. Sedangkan panjang sorotannya mencapai 500 meter atau 5 kali panjang lapangan bola.
Untuk menghasilkan warna cahaya putih yang enak dilihat mata (tidak silau), sinar yang dihasilkan dioda laser, lebih dulu diubah oleh fosfor fluorescent di lampu utama. Hal ini harus dilakukan karena warna cahaya asli laser kebiru-biruan.
Audi juga sudah mengumumkan, akan memanfaatkan teknologi laser ini sebagai lampu depan mobil balap Le Mans, R18 e-tron Quattro yang diluncurkan pada April mendatang.
Khusus untuk mobil yang dipamerkan di CES, lampu depan laser digabung dengan LED. Karena itulah, setiap sisi lampu terdapat dua lapis berbentuk trapesium. Menurut Audi, lampu LED untuk jarak dekat (low beam), sedangkan laser untuk jarak jauh (high beam).
sumber
0 komentar:
Posting Komentar